Rindu Rasul Bimbo

Rabu, 31 Oktober 2012

Jamaah Berangsur Tinggalkan Makkah
Senin, 29 Oktober 2012 – Bidang Haji
Foto
MINA (Pinmas)—- Setelah tuntas melaksanakan ritual melontar jumrah hingga Senin (29/10), jamaah bersiap akan meninggalkan Makkah.
“Setelah menyelesaikan lempar jumrah, jamaah yang memilih nafar tsani akan diangkut menuju pemondokan sekitar pukul 08.00. Adapun jamaah yang belum melakukan tawaf ifadah, mereka akan bergerak menuju Masjidil Haram,” ujar Kepala Daerah Kerja Madinah Ahmad Jauhari, Senin (29/10).
Dengan selesainya kegiatan lempar jumrah dan tawaf ifadah, sebenarnya tuntas sudah seluruh ritual ibadah haji. “Jika masih ada jamaah yang ingin beribadah, mereka tinggal melakukan ibadah sunah saja,” lanjut Jauhari.
Proses pemulangan jamaah diperkirakan akan dimulia pada 30 November 2012 melalui Jeddah. Adapun jamaah yang akan menuju Madinah, lanjut Jauhari, mereka siap diberangkatkan dari Makkah pada 5 November mendatang.
Jauhari juga menjelaskan bahwa secara umum pelaksanaan ibadah haji selama di Mina berlangsung lancar. Namun, harus diakui juga bahwa masih ada kendala di sana-sini, seperti banyaknya jamaah yang tersesat.
“Sebenarnya ini wajar terjadi karena jamaah berada di perkemahan pada malam hari kemudian melanjutkan melontar jumrah aqabah. Setelah itu mereka kesulitan menemukan jalan pulang. Apalagi bentuk tenda nyaris serupa,” kata Jauhari.
Menurut Jauhari, jamaah yang tersesat sebagian besar adalah jamaah berusia lanjut yang tertinggal dari rombongan. Kendati begitu, dia memahami kesulitan tiap rombongan untuk menjaga jamaah. “Memang tidak mudah untuk mengatur puluhan orang dalam satu rombongan, terutama di tempat yang berdesakan,” ujarnya.
Untuk mengatasi masalah jamaah tersesat, petugas Misi Haji Indonesia di Mina siap mengantarkan jamaah kembali ke maktab dengan motor dan bus kecil. Sedang terkait penanganan jamaah sakit, Jauhari menyatakan sebagian besar pasien telah dievakuasi ke Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) Makkah. “Mereka dievakuasi dengan pertimbangan kegiatan ibadah di Mina telah selesai dengan kepulangan jamaah nafar awal,” ujarnya.
Saat ini hanya tersisa sekitar enam pasien saja yang siap dievakuasi paling lambat pada Senin sore. (rep/endah)

Lihat Juga Website : http://emran-wisatareligi.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar