Rindu Rasul Bimbo

Kamis, 04 Oktober 2012

Calhaj Wanita Jangan Paksakan Diri Cium Hajar Aswad

Penulis :
05 Oktober 2012
Jakarta(Sinhat)--Calon jemaah haji (calhaj) yang sedang persiapan berangkat ke Tanah Suci, khususnya calhaj wanita dianjurkan untuk tidak memaksakan diri mencium Hajar Aswad, apalagi dengan menyewa joki dengan membayar 100 sampai 300 riyal.

"Mencium Hajar Aswad hukumnya sunah karenanya calhaj wanita tidak memaksakan diri menciumnya, jika situasi padat oleh calhaj yang sedang melaksanakawan thawaf” Direktur Pembinaan Haji Kementerian Agama Ahmad Kartono, di Jakarta, Kamis.

Ia menyampaikan itu terkait tertangkap joki Hajar Aswad yang sedang menawarkan jasanya kepada calhaj. “Situasi di sekitar Kabah sekarang ini sudah mulai padat karenanya kalau kita memaksakan diri untuk mencium Hajar Aswad, maka kita ikut antrean panjang dan itu akan melelahkan fisik kita,” tutur Kartono yang dihubungi lewat teleponnya.

Ia mengatakan di tengah situasi yang mulai padatnya oleh calhaj dari berbagai negara di sekitar Kabah akan banyak joki yang menawarkan kepada calhaj. Umumnya mereka adalah mukimin, orang-orang Indonesia yang sudah lama bermukim di sana dan banyak juga di antara mereka yang tidak memiliki dokumen seperti paspor, visa.

Selain itu, Kartono juga menyarankan kepada calhaj di sekitar Masjidil Haram dan Kabah sekarang ini dipasang CCTV, karena itu para calhaj agar tidak sembarang memungut barang, atau uang tergeletak di lantai karena akan dituduh mencuri oleh polisi. “Jadi biarkan saja kalau melihat barang, atau uang yang tergeletak di sekitar Kabah atau Masjidil Haram,” tutur Kartono.

Ia mengatakan sebetulnya kita telah mengingatkan para calhaj sejak mereka masih di Tanah Air ketika diadakan kegiatan manasik haji, baik menyangkut Hajar Aswad, atau larangan untuk memungut barang, atau uang yang tercecer di sekitar Kabah dan Masjidil Haram. (johara)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar