Rindu Rasul Bimbo

Rabu, 17 Oktober 2012

Buntut Bus Calhaj Terbakar, Kemenag Siap Sewa Saftco Penulis : 18 Oktober 2012

Jeddah (Sinhat)--Peristiwa terbakarnya bus yang mengangkut jamaah calon haji (calhaj) dari Madinah ke Makkah berbuntut panjang. Kementerian Agama (Kemenag) siap mengalihkan penyewaan bus dari Nakobah (penyedia layanan bus) kepada pihak swasta seperti Saftco.

Hal itu disampaikan Dirjen Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama Anggito Abimanyu sesaat seelah tiba di Bandara Haji King Abdul Aziz Jeddah, Rabu (17/10/2012) dinihari. Dirinya sangat serius dengan kejadian tersebut dan akan ditanganinya langsung.

“saya akan melakukan sesuatu agar persoalan seperti ini tidak terulang lagi di kemudian hari. Padahal dalam klausul kontrak, pemerintah Saudi menyatakan semuanya busnya dalam kondisi layak. Tapi yang layak itu relatif. Buktinya, tempat koper atau bagasi bus tidak muat,” kata Anggito.

Anggito mengaku telah mengirim surat teguran keras kepada Nakobah serta mengingatkan perjanjian atau kerja sama yang pernah disepakati bersama. Pihaknya juga telah meminta Nakobah memberikan ganti rugi terhadap semua kerugian yang dialami jamaah.

Seandainya Nakobah tidak memenuhi janjinya, maka bukan tidak mungkin layanan bus haji berikutnya akan dipercayakan kepada Saptco. Hanya saja, harga yang diajukan Saftco relatif tinggi dan harus dibicarakan kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

“Yang jelas, kami sudah memiliki beberarapa alternatif untuk mengalihkan kontrak layanan bus. Saya juga akan melakukan pembicaraan dengan pihak Nakobah. Persoalan transportasi selama ini selalu menjadi masalah bagi jamaah Indonesia,” ungkapnya.

Untuk itu lanjut Anggito, diperlukan terobosan atau kebijakan yang benar-benar bisa menjamin kenyamanan jamaah dalam menjalankan ibadahnya. Pasalnya, peritiwa terbakarnya bus jamaah sudah sangat serius dan perlu diambil langkah yang konkret.(MCH/Fetra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar