Rindu Rasul Bimbo

Kamis, 06 Desember 2012

2013, Jakarta Kembali Manjakan Jamaah Penulis : 06 Desember 2012


Jakarta - Sinhat, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DKI Jakarta, H. Muhaimin Lutfie minta di masa mendatang petugas haji DKI Jakarta memberikan kesempatan kepada jamaah haji propinsi lain untuk menggunakan bantuan transportasi haji DKI Jakarta. “Sejauh tidak mengganggu jamaah haji DKI Jakarta, bila masih ada ruang  kosong tolong bantu mereka. Karena mereka saudara sebangsa,” ucap Muhaimin di ruang kerjanya, Rabu siang (05/12).
Muhaimin kembali mengatakan kebijakan bantuan transportasi dan catering gratis dari pemerintah daerah DKI Jakarta merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah kepada warganya yang sedang melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci. “Ini langkah bagus. Dan, harus didukung penuh," pungkasnya. Pengadaan bus, ucap Muhaimin, berdampak positif bagi jamaah haji DKI Jakarta yang pemondokannya berada di ring dua. Pasalnya, kalau jalan kaki, jarak dari ring dua ke Masjidil Haram, kan, lumayan jauh,” katanya.
Demikian juga dengan pengadaan katering gratis, katanya, dilakukan untuk mendukung peningkatan pelayanan kepada jamaah haji Jakarta. “Bantuan ini diberikan selama jamaah berada di Makkah. Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Agama hanya menyediakan katering di Armina (Arafah-Mina) dan Madinah, sedangkan di Makkah tidak. Jakarta memilih untuk menyediakan katering karena dinilai lebih efektif," ujarnya.
Sementara, Asisten Kesejahteraan Masyarakat, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, H. Mara Oloan Siregar menjelaskan berdasarkan hasil survei yang dilakukan tim gabungan dari Pemda dan DPRD DKI Jakarta justru kalau jamaah diberikan uang, tidak efektif. "Mereka pada dasarnya sudah memiliki uang yang diberikan di Asrama Haji berupa living cost atau bekal biaya hidup di Arab Saudi. Dengan uang itu sebenarnya jamaah sudah dapat mengatur makan dan minum selama berada di Arab Saudi. Dan karena manfaatnya banyak, besar kemungkinan pengadaan bantuan katering dan transportasi tahun depan tetap jalan,” tukas Mara usai menyambut kedatangan kloter akhir jamaah haji Jakarta di asrama haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Jum'at pagi (28/11) lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar